Bupati Serang: Bangun Perekenomian Melalui BUMDES

by August 9, 2017

Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah resmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Teluk Terate, Jembatan Pasir Buyut dan revitalisasi Situ Tasikardi dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di Tasikardi Kecamatan Kramatwatu, Rabu (9/8/2017).

Dalam kesempatan itu, Tatu mengucapkan terima kasih kepada PT PGN tbk dan konsultan Corporate Social Responbility (CSR) CFCID atas aktivitas dan tanggung jawab sosialnya yang mendorong kemajuan desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Desa Teluk Terate, Situ Tasikardi Kecamatan Kramatwatu dan Desa Pasir Buyut Kecamatan Jawilan.

Tatu berharap perusahaan lain pun bisa memberikan kontribusi untuk membangun ekonomi desa.

“Saya menghimbau kepada perusahaan lainnya di wilayah Kabupaten Serang dapat melakukan hal yang sama seperti PT PGN agar berkontribusi untuk mempercepat dan mewujudkan penguatan perekonomian perdesaan di masa yang akan datang,” katanya.

Tatu menjelaskan pengembangan basis ekonomi desa sebenarnya sudah lama dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Serang melalui berbagai program. Namun upaya belum membuahkan hasil yang memuaskan.

“Faktor yang paling dominan adalah intervensi pemerintah terlalu besar, akibatnya justru menghambat daya kreativitas dan inovasi masyarakat desa dalam mengelola ekonomi di pedesaan. Kelembagaan ekonomi di pedesaan tidak berjalan efektif dan berimplikasi pada ketergantungan terhadap bantuan pemerintah sehingga mematikan semangat kemandirian,” ucapnya.

Tatu menambahkan, pendekatan baru yang dilakukan untuk menggerakkan roda perekonomian di pedesaan adalah melalui pendirian kelembagaan ekonomi yang dikelola sepenuhnya oleh masyarakat desa, tidak lagi didirikan atas dasar instruksi pemerintah, tetapi peran pemerintah hanya melakukan kontrol bersama.

Hadir dalam acara itu Ketua DPRD Kabupaten Serang Mukhsinin, Dandim 06/02 Serang Letkol Czi Harry Praptomo, dan Direktur PGN Jobi Triananda Hasjim.