Kemenag Tetapkan Idul Adha pada 1 September 2017

by August 23, 2017

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Dzulhijah 1438 Hijriah pada Rabu 23 Agustus 2017. Sehingga 10 Dzulhijah atau hari raya Idul Adha jatuh pada Jumat, 1 September 2017. Keputusan ini diambil setelah pemerintah menggelar sidang isbat di Kantor Kemenag Jakarta.

“Maka hari raya Idul Adha jatuh pada Jumat 1 September nanti,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam di Kantor Kemenag, MH Thamrin, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Nur Syam mengungkapkan, hilal terlihat adalah 31 menit, 55 detik, tinggi berada 7.55 derajat dan diantara 6 sampai 8 derajat. Sementara penentuan awal Dzulhijjah menggunakan dua metode yaitu hisab dan rukyat.

Atas dasar laporan 10 petugas pemantau, semuanya telah melihat hilal, sehingga sepakat Idul Adha jatuh pada Jumat 1 September 2017.

“Sepuluh orang menyampaikan padangannnya melihat hilal dengan mata kepalanya sendiri,” ujarnya.

Pada penentuan Idul Adha hari ini dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Pimpinan Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hadir juga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tidak hadir dalam sidang isbat ini lantaran berangkat ke Arab Suadi memimpin rombongan amirul hajj.