KLHK Serahkan 20 Unit Motor Pengelolaan Bank Sampah

by August 13, 2017

Serang – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar sosialisasi pengelolaan bank sampah di sebuah rumah makan di Kota Serang, Minggu (13/8/2017). Dalam kegiatan ini KLHK juga menyerahkan sebanyak 20 unit motor roda tiga kepada pengelola bank sampah.

“Semoga motor yang kami serahkan dapat membantu¬† dalam pengelolaan bank sampah di lingkungan masing-masing sehingga pemerintah daerah dapat terbantu dalam pengelolaan sampah,” kata Kabid Pengelolaan Sampah Lingkungan Hidup dan Kehutanan Agus Saifudin.

“Kita hidup di bumi yang sama, maka kita wajib menjaga bumi ini dengan cara yang sederhan, salah satunya melalui pengelolaan bank sampah,” imbuhnya.

Ia berharap dengan adanya bank sampah, maka sampah sudah di kelola sejak dari lokasi awal pembuangan sampah.

“Kita mengupayakan sampah terkelola dengan baik, jadi tidak hanya memindahkan sampah ke TPS (tempat pembuangan sampah). Bank sampah ini sangat penting,” ujarnya.

Hadir dalam kesempata itu KLH Propinsi Banten, Kota Serang, dan Kabupaten Serang. Selain itu, acara ini juga dihadiri Anggota DPR RI dari Komisi VII Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah mengatakan pengelolaan sampah bisa membawa nilai ekonomis sehingga masyarakat bisa hidup dari mengolah sampah.

“Bagaimana pengolahan sampah bisa meningkatkan aspek ekonomi, disamping kesehatan lingkungan yang meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan motor roda tiga, Faiz, berharap pengeloaan sampah menjadi lebih modern.

“Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi dan motor ini pengelolaan sampah lebih modern. Selain itu, semoga terciptanya produk bermanfaat dari sampah,” ungkapnya.