Malam Ini Akan Terjadi Gerhana Bulan Parsial

by August 7, 2017
News 0 0

Gerhana Bulan merupakan peristiwa yang terjadi saat terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya cahaya sang surya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Menurut catatan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), malam ini akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS) atau gerhana bulan parsial 7-8 Agustus 2017 yang dapat diamati dari Indonesia. Saat ini bulan tengah purnama. Jika seharusnya bulan itu bersinar terang dan bulat sempurna, maka kini bulatannya perlahan akan meredup di salah satu pinggirnya.

Saat gerhana bulan parsial, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari, karena masih ada sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. Hal inilah yang membuat bulan seakan tampak “tergigit”. Dari seluruh wilayah di Indonesia, proses ketika gerhana bulan parsial 7-8 Agustus 2017 berlangsung bisa dilihat, baik dengan mata telanjang atau dengan alat bantu seperti binokular atau teleskop.

Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada beberapa poin penting pada peristiwa gerhana ini:

  • Fase gerhana bulan dimulai Senin 7 Agustus 2017 pukul 22.48 WIB
  • Fase gerhana bulan berakhir Selasa 8 Agustus 2017 pukul 3.52 WIB
  • Gerhana bulan parsial kali ini memiliki total durasi 5 jam 4,9 menit
  • Fase gerhana bulan parsial berlangsung selama 1 jam 56,6 menit, dari pukul 00.22 WIB hingga 2.18 WIB
  • Puncak gerhana bulan terjadi pada pukul 1.20 WIB.