Masyarakat Harus Cerdas dan Hati-Hati Dalam Berinternet

by August 6, 2017

Serang – Saat ini perkembangan teknologi informasi begitu pesat dan dahsyat. Sebagian besar masyarakat sudah terbiasa menggunkan internet. Internet sudah menjadi kebutuhan mendasar masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Internet ini ibarat dua belah mata pisau, mengandung dampak positif dan negatif. Oleh karena itu, dalam berinternet masyarakat harus cerdas dan hati-hati.

“Kalau yang kita tulis menyenangkan orang lain, maka akan mendapat pahala. Tapi kalau kita update status menyinggung orang akan menjadi delik aduan,” ujar Najib Hamas, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera saat menjadi narasumber dalam jaring aspirasi masyarakat tentang internet sehat di sebuah rumah makan di Kota Serang, Minggu (6/8/2017).

Mantan Ketua DPD PKS Kabupaten Serang ini berharap kegiatan yang dihadiri berbagai elemen masyarakat ini memberikan pemahaman tentang konsekuensi berinternet. Ia berharap, dari kegiatan ini masyarakat bisa mengambil sisi positif internet.

“Mari jadikan internet sebagai energi posistif untuk melakukan perubahan.,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudah membagikan informasi atau status yang belum bisa terverifikasi kebenarannya.

“Jangan menyebarkan hoax. Harus tabbayun sebelum menyebarkan informasi,” ujarnya.

Kasi Pengelolaan Teknologi Informasi Dinas Kominfo Banten Dar Es Salam juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam mengakses dunia maya tidak terbatas. Menurutnya, banyak pelaku kejahatan yang mengintai calon korbannya melalui media sosial.

“Hati-hati dalam menulis informasi tentang pribadi, bagi yang suka foto lalu diupload ke medos, suka foto SIM, kan di situ ada alamat kita serta informasi lain tentang kita. Itu bisa dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Ia menyarankan agar masyarakat memanfaatkan media sosial untuk hal positif.

“Kita bisa membantu mempromosikan objek wisata, kuliner, atau apasaja yang baik tentang daerah lewat medsos,” ujarnya.

Dikatakan Salam, jaringan dunia maya bisa dimanfaatkan warga untuk mempromosikan atau menjual karya kreatif.

“Yang suka bikin desain web, foto, video, atau aplikasi bisa mempromosikan atau menjualnya lewat internet,” ungkapnya.

Sementara itu, praktisi media online Tb Ahmad Fauzi menyatakan bahwa perlu aplikasi pengaman untuk mencegah masuknya data jahat di komputer atau ponsel yang terhubung internet.

“Dan yang lebih dari itu adalah sikap pribadi untuk menentukan apa yang baik dan buruk dari internet. Di internet itu semuanya tersedia, dari yang cara buat cilok sampai cara membuat bom ada,” ujar Redaktur sebuah media online ini.

Pria yang akrab disapa Qizink ini menyatakan bahwa banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengambil sisi positif dari internet.

“Kita bisa menghasilkan uang dengan cara kreatif melalui internet. Banyak orang yang telah menghasilkan pendapatan besar dari internet,” ujarnya.