Tolak PHK Sepihak, Buruh Gelar Unjuk Rasa

by August 8, 2017
News 0 0

Serang – Ratusan orang buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi, dan Umum (FSP KEP) Kabupaten Serang melakukan unjuk rasa di depan Kantor Bupati Serang, Selasa (8/8/2017). Awalnya para buruh ini berkumpul di dua titik. Buruh wilayah Serang Timur berkumpul di Kawasan Modern Cikande, sedangkan buruh dari Serang Barat berkumpul di Stadion Maulana Yusuf Ciceri Kota Serang.

Para buruh dari berbagai perusahaan ini meminta pemerintah Kabupaten Serang untuk memperhatikan nasib buruh dan menindak tegas perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak.

“Mendesak kepada pemerintah Kabupaten Serang untuk memperhatikan nasib kaum buruh dengan tidak menerapkan upah minimum industri padat karya yang akan memberatkan kaum buruh,” kata Asep Saefullah dalam orasinya.

“Kami juga meminta Pemkab Serang menindak tegas perusahaan yang melakukan PHK sepihak,” ujarnya.

Selain itu, dalam aksi unjuk rasa buruh ini ada beberapa hal yang mereka sampaikan. Diantaranya mereka menuntut antisipasi upah padat karya dan pekerjakan kembali pekerja yang kena PHK.