Yayasan Bani Syifa Sembuhkan Gangguan Jiwa dengan Zikir dan Doa

by August 22, 2017

Serang – Yayasan Bani Syifa yang terletak di Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang menampung rehabilitasi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Di tempat ini pasien ODGJ diobati dengan zikir dan doa serta diberikan ramuan tradisional.

Menurut pengurus Yayasan Bani Syifa, Hidayatul Itlaq, pasien yang datang langsung ditangani oleh para ustadz yang ada. Jika si pasien masih sering mengamuk dan ingin kabur, yayasan terpaksa merantai kaki orang tersebut. Namun sebelum itu, pengurus bisanya memberikan doa-doa tertentu.

“Kalau baru datang, ditiup ubun-ubunnya (kepala), dicabut rambutnya 7 biji, dan ditiup kupingnya yang kanan dan kiri,” kata Itlaq menjelaskan soal terapinya seperti dilansir detik.com.

Setelah itu, Itlaq mengatakan para pasien ditampung di dua asrama masing-masing untuk lelaki dan perempuan. Si pasien diberikan terapi khusus dua kali dalam seminggu berupa pemberian ramuan dan jampi-jampi berupa zikir dan hizib atau doa pada hari Selasa dan Jumat saat terbit dan terbenam matahari. Ada ramuan juga yang diteteskan mata pasien yang sudah diberi doa.

“Biar yang susah tidur, biar tidur. Dibacain doa khusus juga,” ujarnya.

Menurut Itlaq, yayasannya menerima pasien dari mana saja. Bahkan ada pasien perempuan yang pernah dirawat di rumah sakit jiwa di Grogol. Karena keluarga tidak sanggup membiayai pengobatan, yayasan menurutnya siap menampung.

Selain dengan cara tradisional, yayasan juga sering menerima kunjungan dan obat-obatan dari dokter pihak pemerintah di Banten. Mereka menutnya, membantu memeriksa kesehatan dan perkembangan pasien.

Begitu mulai tenang, pasien kemudian ikut semua kegiatan keagamaan. Mereka juga diwajibkan untuk salat lima waktu dan mengaji. Untuk pasien yang sudah mulai sembuh, bahkan diwajibkan untuk mengaji langsung ke pengurus pesantren.

“Ngaji seperti orang normal. Kalau bahasa sini namanya sorogan. Jadi supaya pulang sudah ada perbedaan bisa doa-doa juga,” katanya.